Apa Itu Opsi Boundary ?

Apa Itu Opsi Boundary ?

Banyak pedagang baru yang akrab dengan bentuk paling umum dari opsi binari itu sendiri, dimana kita hanya membuat taruhan pada apakah harga aset akan meningkat (opsi “Call”) atau menurun (opsi “Put”). Tetapi setelah pedagang memiliki beberapa pengalaman dengan instrumen tersebut, mereka banyak melihat ke arah strategi perdagangan yang lebih maju untuk mendapatkan keuntungan di pasar. Salah satu strategi ini disebut dengan perdagangan Boundary, meskipun terkadang dikenal dengan istilah perdagangan “Tunnel” atau “Range Binaries” juga digunakan.

  • Opsi Boundary Didefinisikan

Pada dasarnya, Boundary mengijinkan pedagang untuk berspekulasi tentang kemungkinan bahwa harga aset akan dibatasi dalam jangkauan selama periode waktu yang telah ditentukan. Jadi misalnya, jika kita percaya bahwa saham Alcoa akan diperdagangkan diantara US$ 9 dan US$ 10 di bulan berikutnya, kita bisa masuk ke dalam opsi kontrak Boundary menggunakan US$ 9 dan US$ 10 sebagai harga tetap, dan satu bulan sebagai batas jatuh tempo. Jika harga menutup dalam kisaran ini didalam satu bulan, perdagangan akan menghasilkan keuntungan. Namun jika harga jatuh di atas atau di bawah kisaran ini, perdagangan akan selesai di “out of the money”.

Misalnya kita ambil contoh untuk melihat seperti di stasiun perdagangan yang nyata. Dalam contoh ini, aset yang diperdagangkan adalah pasangan mata uang GBP/USD. Harga tetapnya adalah: 1,5702 (di sisi atas) dan 1,5694 (di sisi bawah). Karena ini adalah rentang perdagangan yang relatif kecil, batas waktu jatuh temponya juga jangka pendek (15 menit). Pada sebagian besar platform, batas waktu jatuh tempo dapat ditemukan di kotak “Expires”.

opsi boundery 1

Dalam contoh seperti yang telah dijelaskan di atas, kita tentu ingin harga tertahan dalam kotak harga abu-abu (didefinisikan oleh harga pemogokan atas dan bawah), sebagai jangka waktu menyilang garis merah (yang menandai berakhirnya kontrak tersebut). Disini, tingkat pembayaran sebesar 60% adalah parameter persyaratan yang terpenuhi. Namun pembayaran ini, akan bervariasi tergantung pada makelar yang digunakan dan aset yang diperdagangkan.

Jika harga menyeberang garis merah karena mereka berada di luar area kotak abu-abu, perdagangan akan selesai di “out of the money”. Contoh ini dapat dilihat pada grafik-grafik di bawah ini:

opsi boundery 2

Skenario yang ditunjukkkan didalam grafik ini akan mewakili “skenario terburuk”, karena harga bergerak di luar batas dalam perkiraan kami yang sesungguhnya.

  • Perdagangan di luar batas Boundary

Tetapi ini bukan satu-satunya cara opsi Boundary dapat digunakan. Strategi lainnya adalah untuk mencari harga guna berdagang di luar kisaran yang telah ditentukan. Sebagai contoh, mari kita katakan bahwa kita percaya Alcoa tidak akan diperdagangkan diantara US$ 9 dan US$ 10 pada bulan depan. Hal ini berarti kita percaya bahwa harga tentunya akan berada di bawah US$ 9 atau di atas US$ 10 pada akhir bulan ini. Dalam hal ini, perdagangan akan menguntungkan selama harga tidak tertangkap dalam kisaran harga yang telah ditemukan tadi.

Di bawah ini adalah contoh lain saat kita menggunakan GBP/USD. Tetapi kali ini, saya sedang mencari harga untuk perdagangan di luar harga tetap saya (kotak abu-abu) pada saat berakhirnya kontrak.

opsi boundery 3

Dalam contoh ini, perdagangan akan menjadi menguntungkan karena harga ditutup di luar kotak abu-abu (didefinisikan oleh harga tetap asli). Tentu saja, jika harga telah ditutup didalam harga tetap ini maka perdagangan akan selesai di ‘out of the money’.

  • Sebuah strategi alternatif untuk bertumbuh didalam popularitas

Sebagai pedagang pilihan yang menjadi lebih luar dari berbagai jenis kontrak yang tersedia, perdagangan opsi Boundary telah terus tumbuh dalam popularitas terutama pada 24Option.com. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan keuntungan dari strategi ini adalah dengan fokus pada sesuatu yang mendasari volatilitas (perubahan harga) yang dapat ditemukan di pasar. Misalnya, jika anda percaya volatilitas yang akan meningkat ke level yang tinggi, yang masuk akal untuk perdagangan di luar batas harga yang telah anda pilih.

Sebaliknya, jika anda percaya bahwa pasar akan mengkonsolidasikan dan penurunan volatilitas, sangat masuk akal untuk mengatur perdagangan dengan harapan bahwa harga akan tetap terkandung didalam batas anda. Opsi Boundary menawarkan alternatif yang menarik didalam opsi binari yaitu posisi naik dan bawah yang sederhana dan dapat menginjinkan pedadang untuk mengekspresikan pandangan yang sangat berbeda dari pasar itu sendiri.

Dengan membaca postingan artikel dari saya ini sudah jelas apabila anda ingin mendapatkan wawasan yang penuh didalam dunia perdagangan opsi binari. Ada satu topik utama yang harus dibicarakan didepan yaitu RESIKO. Meskipun anda bisa menghasilkan banyak uang dengan instrumen perdagangan ini, namun anda juga dapat dengan mudah kehilangan segala sesuatu yang telah anda investasikan. Silahakan pahami resiko binari terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk menginvestasikan uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *